Konsep Dasar Mutasi dan Promosi

Posted: Desember 31, 2011 in Uncategorized

“MUTASI DAN PROMOSI”

By yandragautama.wordpress.com

 

A.MUTASI

1.Pengertian Dan Arti Pentingnya

Mutasi adalah usaha menempatkan pegawai pada pekerjaan dan jabatan yang sesuai mutasi dan promosi dengan kecakapan dan kemampuannya.

. Beberapa alasan, antara lain : kemempuan kerja, rasa tanggung jawab kesengan dan sebagainya. Agar mutasi yang dilaksanakan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi maka perlu adanya evaluasi pada setiap pekerja terus-menerus secara obyektif.

Mutasi atau pemindahan pegawai dapat terjadi karena dua hal yaitu:

  1. Keinginan pegawai itu sendiri, misalnya:
    1. Pegawai yang bersangkutan merasa tidak sesuai dengan bidang tugasnya atau jabatannya.
    2. Pegawai yang bersangkutan merasa tidak sesuai dengan teman sekerjanya atau dengan atasannya
    3. Pegawai yang bersangkutan merasa bahwa tempat atau lingkungan keja tidak sesuai dengan kondisi fisik atau keinginannya.
    4. Keinginan perusahaan, dengan tujuan ;
      1. Perusahaan ingin menunjukkan kepada pegawai yang bersangkutan bahwa mutasi bukan hukuman melainkan upaya yntuk menjamin kelangsungan hidup pekerjaan pegawai.
      2. Perusahaan ingin meyakinkan pegawai bahwa ia tidak akan diberhentikan karena kekurangmampuan atau kekurangcakapan pegawai yang bersangkutan.
      3. Perusahaan ingin menghindari rasa jenuh pegawai  pada jenis pekerjaan, jabatan maupun tempat kerja yang sama.

Mutasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

  1. Mutasi biasa adalah mutasi atau pemindahan pegawai tanpa diikuti kenaikan jabatan. Mutasi ini dilakukan dengan tujuan :

v  Memenuhi keinginan pegawai yang bersangkutan

v  Memenuhi kekurangan tenaga di unit/bagian lain

v  Menempatkan pegawai sesuai dengan kecakapan, kemempuan dan bidangnya.

  1. Mutasi promosi adalah mutasi yang diikuti dengan kenaikan jabatan. Tugas dan tanggung jawab seorang pegawai yang mendapat mutasi ini bertambah besar. Mutasi ini dilakukan dengan tujuan ;

v  Mengisi suatu formasi jabatan dengan mengambil sumber tenaga dari dalam

v  Membina karier pegawai

v  Mengembangkan kemampuan pegawai.

2.Macam-Macam Mutasi

  1. Ditinjau dari tujuan dan maksud mutasi :
    1. Production transfer yaitu mutasi dalam jabatan yang sama karena produksi di tempat terdahulu menurun.
    2. Replacement transfer yaitu mutasi dari jabatan yang sudah lama dipegang ke jabatan yang sama di unit/bagian lain, untuk menggantikan pegawai yang belum lama bekerja atau pegawai yang diberhentikan.
    3. Versatility transfer yaitu mutasi dari jabatan yang satu ke jabatan yang lain untuk menambah pengetahuan pegawai yang bersangkutan
    4. Shift transfer yaitu mutasi dalam jabatan yang sama, tetapi berbeda shift, misalnya shift A (malam) ke shift B (siang).
    5. Remedial transfer yaitu mutasi pegawai ke bagian mana saja, dengan tujuan untuk memupuk atau untuk memperbaiki kerjasama antar pegawai.
    6. Ditinjau dari masa kerja pegawai
      1. Temporary transfer yaitu mutasi yang bersifat sementara untuk menggantikan pegawai yang berhalangan.
      2. Permanent transfer yaitu mutasi yang bersifat tetap.

3.Tujuan Mutasi

Adapun tujuan diadakan mutasi adalah:

  1. Menempatkan orang tepat pada tempat tepat ( the right man in the right place)

Seleksi dan penempatan belum dapat menjamin sepenuhnya bahwa kita akan mendapat orang tepat pada tempat tepat.dengan mutasi tersebut berarti kita memnidahakan karyawan pada tempat pekerjaan lain yang sederajat, sehingga dengan mutasi kita akan mengoreksi kekurangan dan kesalahan dalam melaksanakan seleksi dan penempatan pertama kali.

  1. Mutasi sebagai langkah meningkatkan semangat dan kegairahan kerja

suatu pekerjaan yang bersifat rutin dapat menimbulkan rasa bosan, sehingga dalam keadaan tersebut kemungkinan semangat dan kegairahan kerjanya menurun.hal ini dapat terjadi meskipun penempatan orang tersebut pada tempat yang tepat. Dalam melakukan mutasi kita harus mengusahakan agar tugas yang baru tersebut masih searah dengan tugas pekerjaan sebelumnya. Dengan jalan memutasikan, makaa selain semangat dan kegairahan kerja dapat timbul kembali, maka pekerjaan yang baru itu pun akan sesuai dengan kemampuan dan kesenangannya.

  1. Mutasi untuk dapat saling menggantikan.

Karena keluar dari perusahaan tersebut karena sakit atau seba lain yang menyebabkan karyawan tidak masuk bekerja. Hal ini berarti pekerjaan yang menjadi bagiannya dihentikan, jika ingin pekerjaan tersebut tetap berjalan kita harus mengusahakan penggantinya.

B.PROMOSI

1. Pengertian Dan Arti Pentingnya

Promosi adalah proses kegiatan pemindahan karyawan dari satu jabatan kepada jabatan lain yang lebih tinggi.

Promosi akan diikuti oleh tugas, tanggung jawab dan wewenang yang lebih tinggi dari jabatan yang diduduki sebelumnya.promosi juga diikuti dengan peningkatan income dan fasilitas yang lain.

Promosi mempunyai arti penting bagi setiap perusahaan, sebab dengan promosi berarti kestabilan perusahaan dan moral karyawan akan dapat lebih terjamin. Kedua hal inin merupakan yang minimal yang harus dapat ditimbulkan, bilamana perusahaan tersebut mengadakan promosi.

Suatu jabatan pada suatu saat akan ditinggalkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena pension, keluar, sakit, meninggal dunia dan sebagainya. Dalam hal ini jabatan yang kosong itu harus dapat diisi, dimana salah satu cara mengisi kekosongan tersebut adalah dengan jalan promosi.

2.Syarat-Syarat Untuk Promosi

  1. Pengalaman

Banyaknya pengalaman seorang karyawan seringkali dipakai sebagai salah satu syarat untukn promosi, sebab dengan pengalaman yang lebih banyak diharapkan kemampuan yang  lebih tinggi.

  1. Tingkat pendidikan

Ada perusahaan yang mensyaratkan  minimal pendidikan untuk dapat dipromosikan pada jabatan tertentu. Alasannya adalah bahwa dengan pendidikan yang lebih tinggi, dapat diharapkan pemikiran yang lebih baik.

  1. Kejujuran

Untuk promosi jabatan-jabatan tertentu, kejujuran merupakan syarat yang penting. Moisalnya untuk kasir pada umumnya syarat kejujuran merupakan syarat utama yang harus diperhatikan.

  1. Tanggung jawab

Dalam suatu perusahaaan diperlukan tanggung jawab yang besar, sehingga masalah tanggung jawab merupkan syarat utama untuk promosi

  1. Prestasi kerja

Pada umumnya pada setiap perusahaan selalu mencantumkan syrat untuk prestasi kerjanya . dan ini dapat dilihat dari catatan prestasi yang telah dikerjakan

  1. Inisiatif dan kreatif

Untuk promosi terhadap jabatan tertentu, syarat tingkat inisiatif dan kreatif merupakan syarat yang harus diperhatikan. Hal ini disebabkan karena untuk jabatan tersebut diperlukan inisiatif dan kreatif.

3.Promosi Dari Dalam Dan Dari Luar

Promosi dari dalam adalah promosi yang dilaksanakan diantara para karyawan sendiri.

Promosi dari dalam adalah promosi yang dilaksanakan di antara para karyawannya sendiri. Promosi dari dalam lebih baik karena pengetahuan tentang lingkungan kerjanya lebih baik.

Promosi dari luar adalah pengisian jabatan atau tempat oleh orang yang sebelumnya tidak menjadi karyawan dari perusahaan tersebut. Hali ini dilakukan bilamana diaantara karyawan perusahaan tersebut belum ada yang memenuhi syarat minimal yang ditetapkan untuk promosi. Perusahaan yang cendrung melaksanakan promosi dari luar antara lain berpendapat bahwa jabatan yang akan diiisi tersebut memerlukan ide-ide, dimana sulit dapat diharapkan hal ini bilamana promosi dilakukan diantara karyawannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s